manfaat alpukat untuk kecantikan dan kesehatan

Minggu, 03 Maret 2013

ALPUKAT

Alpukat yang memiliki nama latin Persea gratissima Gaertn ini  merupakan pohon buah yang berasal dari Amerika Tengah. Tumbuhan ini banyak tumbuh liar di hutan-hutan dan  juga di tanam di kebun atau perkarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur serta tidak tergenang air.


Pemanfaatan:
Daging buah: sariawan dan melembabkan kulit kering
Daun: kencing batu,darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf dan nyeri lambung, saluran nafas membengkak dan  menstruasi tidak teratur
Biji: sakit gigi dan kencing manis


Pemakaian:
Untuk minum: 3-6 lebar daun.
Pemakaian luar: untuk masker (dagibg buah secukupnya di lumatkan), daun untuk pemakaian setempat. Biji di giling halus, menghilangkan sakit.


Cara pemakaian:
1.    Sariawan:  pilih buah alpukat yang telah benar-benar masak, beri campuran 2 sendok makan madu murni. Aduk merata dan bisa langsung di kosumsi. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
2
.    Kencing batu:  4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari  gula enau, cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Biarkan dingin kemudian saring dan dapat langsung di minum. Lakukan 3 x ¼ gelas sehari.
3
.    Darah tinggi: 3 lembar daun alpukat di cuci bersih. Seduh dengan 1 gelas air panas, biarkan dingin dan minum sekaligus.
4
.    Kulit wajah kering: pilih buah alpukat yang bagus dan telah masak, ambil isinya dan lumatkan hingga menyerupai pasta. Tambahkan beberapa tetes madu, aduk. Gunakan sebagai masker dan biarkan hingga benar-benar kering, kemudian basuh dengan air bersih.
5
.    Sakit gigi berlubang: ambil sebuah biji alpukat, haluskan dan masukkan bubuk biji alpukat pada gigi yang berlubang.
6
.    Bengkak karena peradangan: bubuk dari biji (secukupnya) aduk dengan beberapa tetes air hingga menyerupai adonan dan balurkan pada bagian tubuh yang sakit.
7
.    Kencing manis: ambil sebuah biji alpukat yang bagus, panggang dengan api sedang lalu potong-potong. Kemudian godok dengan cara memasukkan potongan biji alpukat tsb ke dalam sebuah wadah tertutup bersama air di dalamnya. Godok sampai air berwarna coklat, saring dan minum.

0 komentar:

Posting Komentar