manfaat alang-alang

Senin, 04 Maret 2013

ALANG-ALANG


Alang-alang  yang memiliki nama latin Imperata cylindrical ini dapat kita temui tumbuh liar di rawa-rawa, tepi sungai, lahan baru dan daerah-daerah lainnya dengan airasi yang baik. Tumbuhan merayap ini mengandung glukosa yang menyebabkan timbulnya rasa manis serta berkhasiat sebagai anti diuretic (peluruh kemih), anti piretik (penurun panas) dan hemostatik (menghentikan pendarahan).


Bagian tanaman yang di manfaatkan:
Akar, rimpang/daun dan bunga (segar atau di keringkan)
Rimpang: pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti pendarahan. Selain itu juga dapat di gunakan dalam upaya pengobatan kelamin (kencing nanah, kencing darah, raja singa), penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, luka, demam dan penyakit saraf.


Cara pemakaian:
1.    Infeksi saluran kemih dan kencing sedikit: sebaiknya segera periksakan ke dokter, ramuan ini hanya dapat di gunakan sebagai obat alternative di samping pengobatan dari dokter. Untuk membuat ramuannya, rimpang alang-alang 6 gram, rimpang kunci pepet 5 gram, daun kumis kucing 4 gram, air 115 ml. di seduh, di buat infuse atau pil. Di minum 1x sehari, setiap kali minum 100 ml. yang terbentuk pil di minum 3x sehari 9 pil. Lama pengobatan: diulang selama 14 hari.
2.    Mimisan, kencing darah dan muntah darah: rimpang alang-alang 6 gram, daun sendok segar 6 gram, daun andong segar 2 helai, 110 ml air. Seduh semua bahan, di pipis, di buat infus atau pil. Untuk infuse minum 2x sehari, pagi dan sore. Setiap kali minum 100 ml. untuk pipisan di minum 2x sehari, pagi dan sore. Tiap kali minum ¼ cangkir. Untuk pil diminum 3xbsehari 9 pil. Lama pengobatan: di ulang sampai sembuh.


0 komentar:

Posting Komentar