Kamis, 07 Maret 2013

JERUK NIPIS

Jeruk nipis (citrusaurantifolia) termasuk salah satu jenis sitrus Geruk. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonya berkayu ulet dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam.buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Tanaman jeruk umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari.


Penyakit yang dapat di obati:
1.    Amandel: 1 buah jeruk nipis, 1 ½ rimpang kunyit sebesar ibu jari di parut dan dua makan sendok madu. Jeruk nipis di peras untuk diambil airnya. Oplos dengan madu. Tambahkan ½ gelas air. Aduk merata, kemudian saring. Minum ramuan tsb 2x sehari secara teratur.
2.    Malaria: 1 buah jeruk nipis dip eras, ambil airnya. Oplos dengan 1 sendok makan kecap dan garam secukupnya. Saring. Minum setiap pagi menjelang sarapan.
3.    Ambeien: 2-4 potong akar jeruk nipis di rebus dengan 1 ½ liter air sampai mendidih hingga menyisakan 1 liter air. Saring, minum setiap sore secara teratur.
4.    Sesak nafas:  1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampong, 1 sdt bubuk kopi dan 1 potong gula batu. Jeruk nipis di peras untuk di ambil airnya. Bawang merah di parut kemudian di campur dengan bahan lainnya. Seduh dengan air panas secukupnya. Aduk merata, saring. Minumsetelah makanpagi secara teratur.
5.    Influenza: 1 buah jeruk nipis di panggang sejenak. Peras, ambil airnya. Berikan ½ sendok minyak kayu putih, kapur sirih secukupnya. Aduk merata, saring. Minum 1x sehari secara teratur.
6.    Sakit panas: 1 buah jeruk nipis dip eras untuk di ambil airnya. Campurkan ½ sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang di haluskan. Aduk sampai merata. Kemudian kompreskan/gosokkan pada dada dan punggung.
7.    Nyeri haid: 1 buah jeruk nipis dip eras untuk di ambil airnya. 1 ½ rimpang jahe sebesar ibu jari di parut. Campurkan kedua bahan tersebut. Berikan 3 mata buah asam yang sudah masak dan 1 potong gula kelapa. Tuangkan ¾ gelas air masak dan saring. Minum pada hari perama haid.
8.    Menghilangkan kelelahan: 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, ½ sdt bubuk merica, 1 sdt bubuk kopi. Jeruk nipis dip eras untuk diambil airnya. Campurkan dengan bahan lainnya, aduk rata. Tambahkan 1 gelas air masak. Saring. Minum 2 minggu sekali.
9.    Disentri: 2 potong akar jeruk nipis di rebus dengan 2 ½ gelas air sampai mendidih, kemudian saring. Minum ramuan 1x sehari.
10. Terlambat datang bulan: 1 buah jeruk nipis dip eras untuk diambil airnya. Campurkan air perasan 2 rimpang kunyit yang telah di parut, ditambah kapur sirih dan garam secukupnya. Aduk semua bahan secara merata. Saring, minum airnya 1x sehari.

0 komentar:

Posting Komentar